PEMASARAN
Pada
hari jum’at tanggal 9 maret 2012, kami melakukan tugas untuk men-survey produk
pesaing kami yaitu Heartwarmer dan Valencia, yang dimana kedua toko ini menjual
produk accessories seperti yang sedang kami jual sekarang.
Pertama
saya akan membahas tentang heartwarmer. Salah satu daya tarik yang di terapkan
heartwarmer untuk menarik pelanggan adalah dengan mereka men-design toko mereka
dengan nuansa warna serba pink, yang pada dasar nya warna pink adalah warna
yang di gemari kaum perempuan, jadi mereka merasa tertarik untuk memasuki toko
heartwarmer tersebut. Di heartwarmer sendiri mereka jual menjual produk yang
tidak kami jual sekarang, seperti tas, alat-alat kecantikan, headphone, boneka,
gantungan dan semacamnya. Salah satu karyawan nya bilang, cara mereka
memperkenalkan heartwarmer dengan mereka membagikan flyer di kawasan sekolah,
universitas dan tempat perbelanjaan lainnya. Selain itu, menurut sepengetahuan
saya, toko heartwarmer itu sendiri selalu membuka toko mereka dekat dengan
escalator, dimana escalator itu salah satu jalan penghubung para pengunjung di
suatu tempat/mall. Tetapi ada satu kekurangan yang dimiliki heartwarmer, yaitu
dengan mereka tidak menggunakan system member card seperti kebanyakan tempat
accessories lainnya. Yang dimana jika kita memiliki member card ini, dalam
pembelian produk toko tersebut kita bias mendapat potongan harga sesuai yang
ditentukan.
“Produk
kami selalu mengikuti tren dan permintaan pasar. Untuk model biasanya kami
Melihat perkembangan accessories yang sering di gunakan kaum perempuan di
bandung” ini salah satu ucapan yang di berikan oleh salah satu karyawati
heartwarmer.
Menurut
dia, perkembangan trend accessories di bandung sangat pesat. Apalagi model dan
bentuk yang ditampilkan cukup beragam dan lucu-lucu, “Makanya setiap ada tren
baru, pasti produk tersebut selalu ada di counter kami” tambahnya. Meski
cenderung berbau accessories dan design yang serba pink, ternyata heartwarmer
tidak hanya menargetkan pada pelanggan kaum perempuan, tetapi anak-anak juga.
Karena mereka juga menjual beberapa mainan anak di dalamnya yang tidak kami
lakukan. Dari sekian banyak produk yang tersedia, ternyata boneka menjadi
sasaran produk yang laku di beli oleh pelanggan dengan banyak peminatnya. Tidak
hanya koleksinya yang beragam dan kualitas yang bagus, heartwarmer juga
menawarkan harga produk yang murah.
Dan
untuk Valencia, mereka memasarkan produknya dengan memberikan mini book kepada
costumer yang membeli produk Valencia. Dengan harapan agar costumer bisa
mengenal dan mengetahui lebih banyak tentang produk yang ditawarkan Valencia
melalui mini book nya. Kalau Valencia pure hanya menjual accessories seperti
kalung, anting, gelang, sama seperti apa yang kami jual sekarang. Menurut salah
satu karyawan nya, barang yang paling laku di Valencia adalah anting. Karena
memang seperti yang saya lihat, anting yang mereka miliki sungguh beragam.
Untuk harga nya sendiri Valencia cenderung lebih mahal di banding heartwarmer
dan produk barang kami.
sorce by my self and heartwarmer and valencia