Kamis, 15 Maret 2012

Survey Produk Pesaing


PEMASARAN

Pada hari jum’at tanggal 9 maret 2012, kami melakukan tugas untuk men-survey produk pesaing kami yaitu Heartwarmer dan Valencia, yang dimana kedua toko ini menjual produk accessories seperti yang sedang kami jual sekarang.
Pertama saya akan membahas tentang heartwarmer. Salah satu daya tarik yang di terapkan heartwarmer untuk menarik pelanggan adalah dengan mereka men-design toko mereka dengan nuansa warna serba pink, yang pada dasar nya warna pink adalah warna yang di gemari kaum perempuan, jadi mereka merasa tertarik untuk memasuki toko heartwarmer tersebut. Di heartwarmer sendiri mereka jual menjual produk yang tidak kami jual sekarang, seperti tas, alat-alat kecantikan, headphone, boneka, gantungan dan semacamnya. Salah satu karyawan nya bilang, cara mereka memperkenalkan heartwarmer dengan mereka membagikan flyer di kawasan sekolah, universitas dan tempat perbelanjaan lainnya. Selain itu, menurut sepengetahuan saya, toko heartwarmer itu sendiri selalu membuka toko mereka dekat dengan escalator, dimana escalator itu salah satu jalan penghubung para pengunjung di suatu tempat/mall. Tetapi ada satu kekurangan yang dimiliki heartwarmer, yaitu dengan mereka tidak menggunakan system member card seperti kebanyakan tempat accessories lainnya. Yang dimana jika kita memiliki member card ini, dalam pembelian produk toko tersebut kita bias mendapat potongan harga sesuai yang ditentukan.
“Produk kami selalu mengikuti tren dan permintaan pasar. Untuk model biasanya kami Melihat perkembangan accessories yang sering di gunakan kaum perempuan di bandung” ini salah satu ucapan yang di berikan oleh salah satu karyawati heartwarmer.


Menurut dia, perkembangan trend accessories di bandung sangat pesat. Apalagi model dan bentuk yang ditampilkan cukup beragam dan lucu-lucu, “Makanya setiap ada tren baru, pasti produk tersebut selalu ada di counter kami” tambahnya. Meski cenderung berbau accessories dan design yang serba pink, ternyata heartwarmer tidak hanya menargetkan pada pelanggan kaum perempuan, tetapi anak-anak juga. Karena mereka juga menjual beberapa mainan anak di dalamnya yang tidak kami lakukan. Dari sekian banyak produk yang tersedia, ternyata boneka menjadi sasaran produk yang laku di beli oleh pelanggan dengan banyak peminatnya. Tidak hanya koleksinya yang beragam dan kualitas yang bagus, heartwarmer juga menawarkan harga produk yang murah.

Dan untuk Valencia, mereka memasarkan produknya dengan memberikan mini book kepada costumer yang membeli produk Valencia. Dengan harapan agar costumer bisa mengenal dan mengetahui lebih banyak tentang produk yang ditawarkan Valencia melalui mini book nya. Kalau Valencia pure hanya menjual accessories seperti kalung, anting, gelang, sama seperti apa yang kami jual sekarang. Menurut salah satu karyawan nya, barang yang paling laku di Valencia adalah anting. Karena memang seperti yang saya lihat, anting yang mereka miliki sungguh beragam. Untuk harga nya sendiri Valencia cenderung lebih mahal di banding heartwarmer dan produk barang kami. 

sorce by my self and heartwarmer and valencia
                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar