- Bagaimana mengembangkan Ide kewirausahaan!
- Bagaimana pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih dalam mengembangkan ide usaha mereka pada waktu pertama kali?
- Jelaskan sumber-sumber potensial peluang! Berikan contoh sumber-sumber potensial peluang pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
- Jelaskan bekal kemampuan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5. Jelaskan penyaringan ide
usaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
6. Jelaskan kegagalan dalam memilih peluang bisnis baru! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
7. Buatlah ide usaha untuk usaha yang akan saudara jalankan untuk satu semester ini!
JAWABAN :
6. Jelaskan kegagalan dalam memilih peluang bisnis baru! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
7. Buatlah ide usaha untuk usaha yang akan saudara jalankan untuk satu semester ini!
JAWABAN :
- Cara mengembangkan ide kewirausahaan yaitu dengan cara menciptakan nilai dengan merubah semua tantangan menjadi peluang melalui ide-idenya engevaluasi ide dengan menciptakan nilai-nilai yang potensial. Adapun cara-caranya seperti :
- Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-cara/metode yang lebih baik untuk melayani dan memuaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya
- Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru
- Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi bagaimana pekerjaan dilakukan atau modifikasi cara melakukan suatu pekerjaan
Hasil dari
ide-ide tersebut secara keseluruhan adalah perubahan dala bentuk arahan atau
erusahaan atau kreasi baru tentang barang yang dihasilkan perusahaan.
3. sumber-sumber pitensial peluang :
- Menciptakan produk baru yang berbeda
Ketika ide
dimunculkan secara ril atau nyata, misalnya dalam bentuk barang dan jasa baru,
maka produk dan jasa tersebut harus berbeda dengan produk dan jasa yang ada di
pasar. Selain itu, produk dan jasa tersebut harus menciptakan nilai bagi
pembeli dan penggunanya. Agar berguna tentu saja, barang dan jasa itu harus
bernilai bagi konsumen baik konsumen pelanggan maupun konsumen potensial
lainnya.
- Mengamati pintu peluang
Wirausaha
harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya kemungkinan
pesaing mengembangkan produk baru, pengalaman
keberhasilan dalam mengembangkan produk baru, dukungan keuangan dan
keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar. Kemampuan pesaing untuk
mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dcengan mengamati kelemahan dan
resiko pesaing dalam menanam modal barunya.
- Analisis produk dan proses produksi secara mendalam
Analisis ini
sangat penting untuk menjamin apakah jumlah dan kualitas produk yang dihasilkan
memadai atau tidak.
- Menaksir biaya awal
Yaitu berapa
biaya awal yang diperlukan oleh usaha baru. Darimana sumbernya dan untuk apa
digunakan? Berapa yang diperlukan untuk operasi, untuk perluasan dan untuk
biaya lainnya?
- Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi
Misalnya
risiko teknik, financial, dan risiko pesaing.
Risiko pesaing adalah kemampuan dan kesediaan pesaing untuk
mempertahankan posisinya dipasar sedangkan risiko teknik adalah berhubungan
dengan proses mengembangkan produk yang cocok dengan yang diharapkan atau
menyangkut suatu objek penentu apakah ide secara actual dapat di transformasi
menjadi produk yang siap dipasarkan dengan kapabilitas dan karakteristiknya.
Risiko financial adalah risiko yang imbul sebagai akiabat ketidakcukupan
financial baik dalam phase pengembangan produk baru maupun dalam menciptakan
dan mempertahankan perusahaan dalam memberikan dukungan biaya produk baru.
4. kemampuan yang harus
dimiliki oleh seorang wirausaha :menurut casson (1982) :
- Self knowledge, yaitu memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan dilakukannya atau ditekuninya
- Imagination,yaitu memiliki imajinasi , ide,dan perspektif serta tidak mengamdalkan pada sukses dimasa lalu
- Practical knowledge, yaitu memiliki pengetahuan praktis misalnya pengetahuan teknik,desain,prosesing,pembukuan ,adminitrasi ,dan pemasaran
- Search skill , yaitu kemampuan untuk menemukan,berkreasii,dan berimajinasi
- Foresight, yaitu berpandangan jauh ke depan
- Computation skill,yaitu kemampuan berhitung dan kemampuan memprediksi masa yang akn datang
- Communication skill,yaitu kemampuan untuk berkomunikasi, bergaul,dan berhubungan dengan orang lain
Kemapuan yang harus dimiliki wirausaha menurut A.Kuriloff,jhon M,
Memphil,Jr dan Douglas(1993)
- Technical comperence, yaitu memiliki kom[etensi dalam bidang rancang bangun sesuai dengan bentuk usaha yang akan dipilih.
- Marketing competence,yaitu memiliki komptensi dalam menemukan asar yang cocok,mengidentifikasi pelanggan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
- Financial competence yaitu memiliki kompetensi dalam bidang keuangan , mengaur pembelin, penjualan, pembukuan, dan perhitungan laba atau rugi.
- Human relation competence yaitu kompetensi dalam mengemabangkan hubungan personal,seperti kemampuan berelasi dan menjalin kemitraan antar perusahaan.
Beberapa pengetahuan yang haruus dimiliki perusahaan yaitu:
- Bekal pengetahuan bidang usaha yang dimasuki dan lingkungan usaha yang ada di sekitarnya
- Bekal pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab
- Pengetahuan tentang kepribadian dan kemampuan diri
- Pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar